replace with your document's content -->

Jumat, 20 April 2012

Perternakan Sapi



Akan tetapi kita melakukan pegemukan bukan perternakan sapi. namun sebelum memutuskan untuk berbisnis Pengemukan sapi, ada beberapa hal yang patut dicermati, berikut ini Tips bagaimana memulai usaha penggemukan sapi:
1. Persiapan awal yang mesti Anda lakukan antara lain persyaratan lokasi, Pengemukan, dan juga tentu saja Anda harus mempelajari penyakit-penyakit yang mungkin timbul pada hewan ternak tersebut.
2. Dalam hal memilih lokasi untuk penggemukan sapi, idealnya membangun kandang di daerah yang letaknya cukup jauh dari pemukiman penduduk dan dekat dengan Sungai Atau Kolam dan tetapi mudah dicapai oleh kendaraan.
3. Ada baiknya, kandang terpisah dari rumah tinggal dengan jarak minimal 20 meter.
4. Agar kandang terang dan memliki sirkulasi udara yang bagus, sebaiknya sinar matahari harus dapat menembus pelataran kandang serta dekat dengan lahan pertanian. Pembuatannya Kandang dapat dilakukan secara berkelompok dengan Lokasi di tengah sawah atau ladang.
5. jika kandang penggemukan sapi kita dekat dengan daerah industri Pembuatan Tahu maka kita bisa mencampur kan makanan Sapi kita dengan Ampas Tahu yang telah tidak di gunakan oleh industry tahu tersebut. dan adapun cara pengolahan Pakan sapi yang bahan nya mudah di dapat kan di sekitar kita seperti pohon pisang yang dapat di olah dan batang padi yang telah di panen oleh para petani kita olah untuk menjadi pakan sapi yang efek nya untuk penggemukan lebih optimal.
6. Untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit pada hewan ternak, perhatikan selalu kebersihan kandang ternak.dan bikin satu tempat pembakaran sampah / rumput agar saat kita membakar sampah maka sampah tersebut menimbulkan asap yang tebal untuk mengurangi Nyamuk di sekitar sapi terseburt dan membuat Ketenagan sapi saat Proses Pengemukan.dan  untuk memudahkannya ada baiknya jika lantai tempat penggemukan sapi terbuat kita bikin dari papan tebak atau semen, sehingga mudah dibersihkan dari kotoran sapi. Seluruh bagian kandang.
7. Selain lokasi, perhatikan pula sapi yang akan di gemukkan, khususnya dalam memilih bibit sapi yang baik. Yang perlu diperhatikan antara lain Tinggih sapi yang akan kita gemuk kan, ketururan (anak sapi) tersebut telah terdaftar dan lengkap silsilahnya; mata tampak cerah dan bersih; tidak terganggu pernafasannya; kukunya tidak terasa panas bisa diraba; tidak terlihat adanya eksternal parasit pada kulit dan bulunya; tidak terdapat tanda mencret pada bagian ekor dan dubur; serta tidak ada tanda-tanda kerusakan kulit dan kerontokan bulu.
Jika Anda sudah menguasai seluk beluknya, tak ada salahnya untuk memulai usaha penggemukan sapi.




By ricky0206

Tidak ada komentar:

Posting Komentar